5 Jenis Makanan untuk Diet Seimbang

Minggu, 12 Januari 2020

5-Star Article News Ratings

★ ★ ★ ★ ★

5 Jenis Makanan untuk Diet Seimbang5 Jenis Makanan untuk Diet Seimbang, Panduan sederhana untuk diet dari seorang ahli menjadikannya mudah untuk memiliki diet yang seimbang dengan makanan bergizi dan sehat.
Terbagi dalam 5 jenis makanan untuk diet, cara makan terbaik untuk kesehatan adalah memilih berbagai makanan dari masing-masih dari 5 jenis makanan tersebut :
  • sayuran
  • buah-buahan
  • biji-bijian dan sereal
  • daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan (kacang), tofu, biji-bijian
  •  susu, keju yoghurt atau alternatif.

Setiap jenis makanan memiliki nutrisi penting. Jumlah masing-masing makanan yang Anda butuhkan akan bervariasi selama sesuai usia Anda, serta tergantung pada faktor-faktor seperti seberapa aktifitas Anda dan apakah Anda dalam prose pertumbuhan, hamil, menyusui dan banyak lagi.

Sayuran dan kacang-kacangan (kacang dan kacang polong)
Sayuran dan kacang-kacangan memiliki ratusan nutrisi alami seperti vitamin, mineral, dan serat makanan. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jenis  ini pilihlah :

  • memilih sayuran dan kacang-kacangan di musim
  • mencari warna yang berbeda:
  • hijau seperti kacang, kacang polong, dan brokoli
  • sayuran berwarna merah, oranye atau kuning seperti capsicums, tomat, wortel, ubi jalar dan labu
  • sayuran ungu seperti kubis merah dan terong
  • sayuran putih seperti kembang kol, jamur dan kentang.

Makan sayuran sangat diperlukan untuk pilihan hidup yang lebih sehat. Namun; ada juga beberapa sayuran yang menawarkan manfaat kesehatan yang berguna ketika sedang dimasak.

Buah-buahan
Buah segar adalah sumber vitamin dan serat makanan, saat terbaik untuk dimakan adalah saat buah masih segar. Jika Anda ingin membuat jus buah, buat untuk sekali minum, jangan disimpan. Ibaratnya setengah gelas sudah cukup. Keasaman jus yang terlalu lama disimpan, juga dapat merusak enamel gigi, jus buah kemasan yang banyak kita temui di supermarket seringkali banyak mengandung gula yang tinggi. Buah yang dikeringkan juga memiliki kandungan gula yang tinggi. Hal ini hanya cocok untuk pemakaian sesekali.

Biji-bijian dan makanan sereal
Makanan gandum, oat, beras merah, gandum dan roti gandum, Biji-bijian memiliki protein, serat makanan, mineral dan vitamin. Dalam pemroses an, beberapa nutrisi ini bisa hilang.

Daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian
Makanan ini menyediakan protein, mineral dan vitamin. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga memiliki serat makanan. Ada baiknya untuk memilih berbagai makanan dari jenis ini. Orang dewasa harus makan tidak lebih dari 500 gr daging merah seminggu. Ada beberapa penelitian bahwa makan lebih dari 500 g daging merah akan memiliki peningkatan risiko kanker usus.

Susu, keju, yoghurt
Susu mengandung protein, vitamin dan kalsium, minuman kedelai dengan menambahkan kalsium dapat digunakan sebagai pengganti susu untuk anak di atas 1 tahun. Beberapa kacang atau oat susu mengandung kalsium tetapi mereka kekurangan vitamin B12 dan protein yang cukup. Disarankan untuk  diet anak Anda, konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum melakukannya.

Makanan yang tidak termasuk dalam 5 jenis makanan, disebut makanan tambahan. Kadang-kadang ada yang disebut termasuk junk food, jadi harus lebih cermat memilih makanan.


dikutip dari http://www.healthdirect.gov.au/